Minggu, 22 Januari 2012

10 Universitas Terbaik di Indonesia


Walaupun secara ranking menurun dibandingkan tahun 2009, UI tetap pertahankan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bahwa pemeringkatan universitas dunia versi QS World Class University Rangking (QS WUCR) 2011 versi lengkap baru saja dirilis di website resminya. Tahun ini, hanya delapan universitas di Indonesia yang berhasil masuk di Top 700 dunia.

Adapun delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berhasil menduduki peringkat dunia yang juga merupakan PTN terbaik se-Indonesia yakni, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Brawijaya (UB).

Seperti pemeringkatan pada umumnya, QS WCUR memiliki indikator yang mengevaluasi prestasi universitas.

Kesembilan indikator tersebut yaitu Kualitas Akademik, Kesiapan Lulusan Masuk Dunia Kerja, Hasil Penelitian yang Dikutip per Dosen, Rasio Mahasiswa terhadap Staf Pengajarnya, Jumlah Mahasiswa Asing, dan Jumlah Dosen Asing.

Berikut peringkat 10 Universitas Terbaik di Indonesia versi QS WCUR 2011, yang dinukil dari QS WCUR, Senin (19/9/2011).
Read More......

Monday, September 19, 2011

Profil Politeknik Negeri Banjarmasin

Poliban atau Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan perguruan tinggi negeri yang terdapat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Poliban menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus dengan jenjang Diploma III dan Diploma IV dengan lama studi adalah 6 (enam) semester yang dapat ditempuh selama 3-5 tahun.

Read More......

Profil Politeknik Ketapang

Politeknik Ketapang merupakan Politeknik yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No 32 Ketapang Indonesia 78851. Politeknik Ketapang (POLITAP) didirikan oleh Yayasan Pangeran Iranata Ketapang bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Kesepakatan Bersama Nomor: 03/YPI-KTP/B/02/06 dan 425.1/Ekbangsos-C tanggal 12 Februari 2006 yang dikuatkan dengan Peraturan Daerah dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 66/D/O/2008 tanggal 8 April 2008. Pada tahap awal pendirian, POLITAP membuka tiga program studi dengan jenjang pendidikan Diploma III (DIII), yaitu: Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Pertambangan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP). Ketiga program studi tersebut masing-masing terhimpun dalam jurusan: Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, dan Teknologi Pertanian. Pendirian POLITAP dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan tenaga kerja industri (khususnya di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat) baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Lulusan POLITAP diharapkan selain dapat memasok tenaga kerja pada industri pertambangan, perkebunan, dan industri manufaktur juga memasok kebutuhan tenaga kerja pada instansi pemerintahan. Berdirinya POLITAP pada tahap awal didukung oleh dana hibah pemerintah pusat melalui Ditjen Dikti Depdiknas dan pemerintah daerah Kabupaten Ketapang.


Read More......

Profil Politeknik Tonggak Equator

Politeknik Tonggak Equator atau POLTEQ, merupakan Politeknik yang menawarkan kualitas bukan kuantitas. Kampus yang mempunyai slogan "Small but Smart" ini beralamat di Jalan AR Hakim No 106 Pontianak Indonesia 78121.

Read More......

Saturday, September 17, 2011

Profil Politeknik Terpikat Sambas

Politeknik Terpikat Sambas (POLTESA) adalah satu-satunya politeknik yang terdapat di Kabupaten Sambas. Terletak di Jalan Raya Sejangkung, Dusun Senyawan, Desa Sebayan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Politeknik ini berdiri pada 8 Juni 2008. Semula Poltesa merupakan politeknik swasta dibawah Yayasan Terpikat Sambas yang diketuai oleh Ir. Ferry Madagaskar, M.Si. dan masuk dalam Kopertis Wilayah XI yang meliputi seluruh perguruan tinggi di Kalimantan.
Read More......

Profil Poltek Kesehatan Pontianak

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Pontianak berdiri merupakan pengembangan institusi pendidikan kesehatan milik Departemen Kesehatan R.I yang ada di Propinsi Kalimantan Barat dengan tujuan agar efektif dan efisien dalam proses mencapai standar yang sama di seluruh Indonesia.

Politeknik Kesehatan Pontianak Depkes berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan - Kesos nomor 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 dengan jurusan Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan Gigi, dan Analis Kesehatan.

Pada tahun akademik 2005/2006 dengan SK Menkes RI NO. HK.00.06.1.4.2.02225 Tanggal 1 Juli 2004 Tentang penataan lokasi pelaksanaan program studi pada beberapa jurusan di Politeknik Kesehatan (Padang, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Medan dan Makasar), maka Prodi Kebidanan dan Prodi Keperawatan Singkawang termasuk kedalam Politeknik Kesehatan Pontianak.
Read More......

Profil STAIN Pontianak

STAIN Pontianak bermula dari dibentuknya Yayasan Sadar yang diketuai oleh Bapak A. Muin Sanusi, Wali Kotamadya Pontianak pada saat itu. Selain Yayasan, dibentuk pula Dewan Kurator yang pada mulanya diketuai oleh Brigjend. Ryacudu, Pangdam XII Tanjungpura. Kemudian, karena mutasi beberapa anggota, pada tahun 1975 diadakan resuffle Dewan Kurator sehingga Brigjend. Kadarusno, Gubernur Kalimantan Barat, terpilih sebagai ketua baru. Di dalam Yayasan dan Dewan Kurator inilah ulama, aparatur Pemerintah Daerah dan masyarakat Kalimantan Barat bekerja sama merajut asa, mewujudkan cita-cita agar di daerah ini berdiri sebuah lembaga pendidikan tinggi agama Islam.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Pontianak

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan Tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi.Secara umum, sistem pendidikan Politeknik mempunyai ciri adalah sebagai berikut :
1. Pendidikan tinggi yang kurikulumnya berbasis kompetensi
2. Pendidikan profesional yang menekankan pembentukan kompetensi untuk menangani pekerjaan teknologi menurut praktik baku
3. Pengajaran teori dan praktek diselenggarakan untuk saling memperkuat kemampuan penalaran dan ketrampilan menangani masalah praktis. Pengajaran teori menekankan pada pengkaitan konsep dasar dengan kasus nyata secara langsung melalui metode pemecahan secara praktis, dengan pengajaran praktik menekankan pada kemahiran mengintegrasikan teori dengan penanganan proses nyata untuk menghasilkan produk jadi
Read More......

Profil Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Politeknik Pertanian Negeri Kupang merupakan politeknik yang berkosentrasi pada sektor pertanian, terdapat di Kupang Nusa Tenggara Timur. Tepatnya beralamat di Jalan Adisucipto Penfui Kupang Indonesia 85011. Baru-baru ini Poltek Pertanian Negeri Kupang Mengadakan Studi Lapangan yang diikuti sebanyak 142 orang Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Kupang, melakukan studi Lapang di BPTP-NTT. Studi lapang 142 mahasiswa tersebut dilakukan secara bertahap yaitu :

Read More......

Profil Politeknik Negeri Kupang

Politeknik Negeri Kupang, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Poltek Negeri Kupang beralamat di JL Adi sucipto Panfui P.O BOX 139 Kupang Telp . (0380) 80315910. Fax (0380) 80315910

Read More......

Friday, September 16, 2011

Profil Institut Seni Indonesia Denpasar

Eksistensi ISI Denpasar tidak terlepas dari berdirinya Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar pada tahun 1967 oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat I Propinsi Bali. ISI Denpasar mulai dirintis pada tahun 1978 dengan kewenangan hanya menamatkan Sarjana Muda (BA). Sebagai sebuah Jurusan yang berdiri sendiri, secara formal baru terbentuk pada tahun 1988 ketika terjadinya perubahan status dari ASTI menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, dengan Surat Keputusan (SK) Mendikbud No. 0445/0/1988 yang dikukuhkan dengan SK Presiden No 22 th. 1992.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Bali

Pendidikan Politeknik didirikan pada tahun 1976 yang merupakan kerjasama antara ITB dengan pemerintah Swiss. Karena dinilai berhasil selanjutnya dikembangkan beberapa politeknik di Indonesia yakni Politeknik Universitas Brawijaya, Politeknik Universitas Diponegoro, Politeknik Institut Teknologi Bandung, Politeknik Universitas Indonesia, Politeknik Universitas Sumatera Utara, dan Politeknik Universitas Sriwijaya. Rintisan ke enam Politeknik tersebut dalam beberapa tahun juga dianggap berhasil. Sehingga pada tahun 1984 pemerintah Indonesia mengembangkan Politeknik di seluruh Indonesia , salah satunya adalah Politeknik Universitas Udayana. Ditetapkannya Ir. Ketut Kinog dan Drs. Abdullah Jawas sebagai pimpinan Politeknik, melakukan persiapan-persiapan dan setelah dianggap cukup siap maka tanggal 5 Oktober 1987 Politeknik Universitas Udayana memulai kuliah perdananya.


Read More......

Sistem Pendidikan di Poltek Negeri Bali

Dalam proses  belajar mengajar, Politeknik Negeri Bali menggunakan sistem paket, yaitu sistem belajar mengajar yang mewajibkan mahasiswa untuk menempuh seluruh matakuliah yang diprogramkan pada setiap periode tahun ajaran, sesuai dengan matakuliah / kurikulum tiap-tiap jurusan. Sistem paket pendidikan di Politeknik Negeri Bali mempunyai ciri-ciri sebgai berikut :
Read More......

Sistem Pendidikan di Polinema

Politeknik Negeri Malang merupakan salah satu politeknik yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Menurut Pasal 15 UU No 20 Tahun 2003, Pendidikan Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Ciri khas sistem pendidikan politeknik adalah perkuliahan yang menggunakan sistem paket dan lulusannya siap kerja. Untuk itu, sistem pendidikan ini harus didukung oleh proses pembelajaran yang sesuai, meliputi bidang hard skill dan soft skill.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau Polinema awalnya bernama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya, dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI, MENDIKBUD No. 03/DJ/Kep/1979, didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui dana Bank Dunia dengan Tenaga Ahli dari Swiss. Pada tahun 1982, Susunan Organisasinya diatur melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 59 Tahun 1982, bernama Fakultas Non Gelar Teknologi, Universitas Brawijaya dan mulai menerima mahasiswa angkatan I melalui 4 (empat) jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Sipil.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember atau panggilan kerennya Polije merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional, yaitu program pendidikan yang mengarah proses belajar mengajar pada tingkat keahlian, keterampilan, dan standar kompetensi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan stakeholder, serta mempunyai kemandirian dalam berkarya dan berwirausaha berbasis IPTEKS yang diperolehnya.

Politeknik Negeri Jember yang dulu bernama Politeknik Pertanian Negeri Jember merupakan satu-satunya Politeknik Pertanian Negeri yang ada di Pulau Jawa. Berdiri pada tahun 1988 dengan bantuan dana dari Asian Development Bank (ADB) oleh konsultan konsortium ENAREC-Australia/New Zealand, dengan fasilitas pengajaran dari luar negeri dan tenaga pengajar lulusan sarjana dari berbagai universitas ternama yang telah mendapat tambahan pendidikan profesional selama 2 tahun baik didalam maupun di luar negeri, maka Politeknik Negeri Jember dijadikan sebagai acuan proses pendidikan profesional di tingkat nasional.
Seperti halnya perguruan Tinggi lain, Politeknik Negeri Jember mempunyai tiga program yang dikenal dengan nama Tri Dharma Perguruan Tinggi, :
Read More......

Program Studi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Program Studi PPNS

Sejak didirikan pada tahun 1987, PPNS ITS merupakan satu-satunya Politeknik Negeri yang bergerak dibidang pendidikan vokasional perkapalan dan berorientasi pada marine manufaktur.
Read More......

Profil Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Sejarah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berawal dari adanya Program Non Gelar PAT (Pendidikan Ahli Teknik) ITS Jurusan Teknik Perkapalan pada tahun 1979 yang saat itu berlokasi di jalan Basuki Rahmad Surabaya. Pada tahun 1982, Program Non Gelar PAT dikelompokkan menjadi Fakultas Non Gelar Teknologi yang didalamnya memiliki Jurusan Teknik Perkapalan. Hingga pada tahun 1986, adanya program “loan agreement” dengan World Bank pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi menawarkan pembukaan politeknik baru di ITS dan rektor ITS kala itu langsung menerima tawaran tersebut dan berdirilah Politeknik Perkapalan – ITS, pembangunan fisik gedung politeknik langsung dikerjakan pada tahun yang sama dan berlokasi di kampus ITS Sukolilo. Tahun 1987 adalah tahun pertama Politeknik Perkapalan ITS menerima mahasiswa baru. Jurusan yang digelar saat itu adalah: - Jurusan D III Teknik Bangunan Kapal - Program Studi DIII Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal - Program Studi D III Teknik Bangunan Kapal 2. Jurusan D III Teknik Permesinan Kapal 3. Jurusan D III Teknik Kelistrikan Kapal Tahun 1991 Politeknik Perkapalan – ITS berubah nama menjadi Politeknik Perkapalan Surabaya – ITS dan pada tahun 1996 berubah nama lagi menjadi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya - ITS (PPNS - ITS). Pada tahun 2003, PPNS bekerjasama dengan Depnakertrans RI mendirikan Program Studi D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) yang menjadi terobosan bagi pendirian program D4 di PPNS. Pada periode tahun 2003 sampai dengan tahun 2007, PPNS berhasil mendapatkan dana hibah kompetisi TPSDP yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Pada tahun tersebut, keberhasilan program TPSDP dikuti pendirian 4 (empat) program studi baru, yaitu: D4 Teknik Pengelasan, D4 Teknik Perpipaan, D4 Teknik Desain dan Manufaktur serta D4 Teknik Otomasi. Dalam perjalanannya, PPNS selalu berbenah diri. Pengembangan SDM terus dilakukan baik tenaga edukatif maupun non edukatif seperti mengembankan tugas belajar S2 ke luar negeri untuk tenaga pengajar antara lain: Amerika Serikat, Taiwan, Australia, Inggris, Jerman dan Swedia. Sebagai satu – satunya Politeknik Negeri yang bergerak di bidang pendidikan vokasional perkapalan dan berorientasi pada marine manufaktur PPNS ITS selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan berhasil memenangkan berbagai dana hibah yaitu Grant Due Like Batch II, dua Grant TPSDP Batch II dan Batch III, Grant INHERENT dan Grant IMHERE Batch IV. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran pun selalu dilakukan. Hal ini ditunjukkan antara lain dengan kelengkapan laboratorium, fasilitas, gedung perkuliahan yang representatif dan pembangunan gedung Direktorat PPNS – ITS yang diresmikan pada 20 Februari 2010 oleh Mendiknas RI Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA. Tersedianya gedung yang representatif merupakan modal penting untuk terlaksananya berbagai kegiatan pembelajaran yang aman, nyaman, efektif dan efisien. Sistem manajemen kualitas yang diterapkan oleh PPNS berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Satu catatan yang perlu disampaikan adalah PPNS merupakan perguruan tinggi satu-satunya yang memiliki Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). Panitia ini dibentuk untuk menjamin setiap unsur kerja yang ada di PPNS telah sesuai dengan standar K3.
Read More......

Profil Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya didirikan pada tahun 1988, semula bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi dengan dua program pendidikan Diploma III yaitu jurusan Teknik Elektronika dan jurusan Teknik Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1992, namanya berubah menjadi Politeknik Elektronika Surabaya, dan berubah lagi menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya seperti sekarang ini sejak tahun 1996.

Pada awal pendiriannya Jurusan Teknik Elektronika mencakup semua kompetensi bidang elektronika yang berupa penguasaan rekayasa elektronika, kontrol dan otomatisasi industri, bidang mekanik-robotika dan juga penguasaan keahlian power elektronik. Untuk meningkatkan profesionalitas, pada tahun 1992 jurusan Elektronika membentuk sebuah program studi Diploma III Teknik Listrik untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi power elektronik. Program studi baru ini memisahkan diri dari jurusan Elektronika dan membentuk jurusan baru Teknik Listrik pada tahun 1997.
Read More......

PMDK Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Mulai tahun ajaran 2006/2007 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya lebih membuka diri dengan memberikan kepercayaan kepada lembaga pendidikan SMU/SMK/MA untuk melakukan evaluasi proses pendidikan disekolah masing-masing dengan memberikan kesempatan penerimaan calon mahasiswa PENS melalui program PMDK Jalur siswa berprestasi atau lebih dikenal dengan PMDK Berprestasi. Sekolah yang diberi kesempatan untuk mengikuti program ini adalah Sekolah Menengah Umum (SMU)atau Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan yang mempunyai bidang konsentrasi:
Read More......

Profil Perguruan Tinggi Buddhi Karawaci

Perguruan Tinggi Buddhi Tangerang merupakan PTN yang beralamat di Jl. Imam Bonjol No.41 Karawaci Ilir - Tangerang Banten. Perguruan Tinggi Buddhi Tangerang diselenggarakan oleh Perkumpulan Keagamaan & Sosial Boen Tek Bio Tangerang. Pertama kali beroperasi adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) pada tahun 1995, kemudian Akademi Bahasa Asing (ABA) pada tahun 1996 & Akademi Sekretari dan Menejemen Industri di tahun yang sama, di susul Akademi Akutansi (AKA) tahun 1997, dan Sekolah Tinggi Menejemen Informatika & Komputer (STMIK) tahun 1998.

Perguruan Tinggi Buddhi merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang letaknya strategis dan terpandang di Provinsi Banten. Beberapa alumni Perguruan Tinggi Buddhi telah menduduki posisi tinggi di beberapa perusahaan dan sebagian lain telah sukses berwirausaha melalui kesempatan ini, kami mengajak Anda untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddhi guna meraih masa depan yang indah.

Read More......

Profil Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat akan memiliki perguruan tinggi Kesehatan.

Dimana Politeknik Kesehatan (Poltekes) Babel akan memiliki bangunan sendiri. Nantinya Poltekes ini, akan diberi nama Poltekes Negeri Bangka Belitung.

Anggota Komisi IV DPRD Babel, Ridwan Thalib mengatakan saat ini, pemeritah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menyusun program rencana kerja, untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi kesehatan, yakni Politeknik Kesehatan (Poltekes) di Bangka Belitung.
Read More......

Profil STAIN Syekh Abdurrahman Sidik

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adalah perubahan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Perguruan Tinggi Islam Bangka (STAI YPIB). STAI YPIB pada awalnya merupakan gabungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) yang didirikan pada tahun 1986 dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID), keduanya berlokasi di tempat yang sama, yaitu di Baturusa Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka serta berada di bawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan.

STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengemban amanah dan tanggung jawab yang besar dalam membangun peradaban di Bangka Belitung khususnya, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengharapkan partisipasi dari semua pihak, khususnya pemerintah (baik pemerintah propinsi, kabupaten-kabupaten maupun kota, maupun anggaran pusat: Departemen Agama), pengusaha, stakeholders dan donator-donatur lainnya.

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya bahwa misi yang diemban STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketiga unsur tersebut adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau pemberdayaan kepada masyarakat. Ketiga komponen dasar ini menjadi barometer dan indikator dalam mengukur partisipasi STAIN dalam meningkatkan kualitas out put dan eksistensi lembaga pendidikan Islam di Bangka Belitung. Komponen penelitian menjadi unit penunjang untuk membantu memecahkan, mencari solusi, mencari format yang ideal dan penentu arah kebijakan STAIN ke depan. Sedangkan pengabdian kepada masyarakat adalah program pendampingan pemberdayaan masyarakat yang lebih difokuskan pada aksi partisipasi, di samping menggunakan format Community Organizer.
Read More......

Profil STAIN Jurai Siwo Metro

Cikal bakal berdirinya STAIN Jurai Siwo Metro tidak terlepas dari sejarah berdiriya IAIN Raden Intan di Bandar Lampung. Ini lain karena berdirinya IAIN Raden Intan Bandar Lampung itu sendiri merupakan hasil upaya dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) yang berdiri tahun 1961 diketuai oleh RD. Muhammad Sayyid.

Dari hasil musyawarah tersebut diputuskan untuk mendirikan dua fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari?ah yang kedudukannya di Tanjung Karang berada di bawah santunan Yayasan tersebut.
Read More......

Profil Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang merupakan Poltekkes Kemenkes yang terdapat di Jl. Soekarno Hatta No. 1 Hajimena Bandar Lampung. Pada mulanya di Propinsi Lampung terdapat 6 buah Akademi kesehatan milik Departemen Kesehatan yaitu Akademi Keperawatan Tanjungkarang, Akademi Kebidanan Tanjungkarang, Akademi Kebidanan Metro, Akademi Kesehatan Lingkungan Tanjungkarang, Akademi Kesehatan Gigi Tanjungkarang dan Akademi Analis Kesehatan Tanjungkarang.

Berdasarkan Surat Keputusan Menkes dan Kessos RI Nomor 298 / Menkes - Kessos / SK / IV / 2001 Tanggal 16 April 2001 akademi - akademi tersebut digabung menjadi satu Institusi Perguruan Tinggi milik Depkes yaitu Politeknik Kesehatan Tanjungkarang.
Read More......

Profil Politeknik Pertanian Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh merupakan Politeknik Pertanian yang beralamat di Jl Raya Tanjung Pati Km 7 Payakumbuh Sumatera Barat. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh saat ini memiliki 3 buah jurusan yaitu Teknologi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan dan Budidaya Tanaman Pangan.

Read More......

Profil IAIN Imam Bonjol Padang

IAIN Imam Bonjol Padang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 15 Padang Sumbar. Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN Imam Bonjol) berdiri pada 29 November 1966. Pada saat berdirinya perguruan tinggi ini memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah di Padang, Fakultas Usluhuddin di Padang Panjang, Fakultas Syariah di Bukittinggi dan Fakultas Adab di Payakumbuh.
Pada saat ini IAIN Imam Bonjol memiliki lima fakultas: Adab, Dakwah, Syariah, Tarbiyah, dan Ushuluddin, semuanya dipusatkan di Padang.



Read More......

Profil STAIN Mahmud Yunus Batusangkar

Penuangan STAIN Batusangkar menurut tinjauan historis ini, terbagi dua periode: Pertama, periode pendirian PTAI sebagai cikal bakal Fakultas Tarbiyah Batusangkar. Kedua, periode alih status Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Batusangkar menjadi STAIN Batusangkar.

Periode I

Sebelum berdirinya sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam di Kabupaten Tanah Datar, telah berdiri Perguruan Tinggi Guru (PTPG) yang terletak di Bukit Gombak Batusangkar. Namun dalam perkembangannya, perjalanan PTPG ini ditarik ke Padang yang selanjutnya berubah status menjadi IKIP Padang. Keadaan ini menyebabkan masyarakat Tanah Datar kehilangan asset yang sangat berharga. Berarti pada saat itu, tidak ada satupun Perguruan Tinggi di Kabupaten Tanah Datar.

Hal demikian menimbulkan motivasi dan keinginan yang kuat dari masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar untuk memiliki sebuah Perguruan Tinggi guna menampung para pelajar tamatan Madrasah, Pondok Pesantren, PGA, Sekolah Persiapan IAIN atau sebuah menengah lainnya, yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Begitu juga bagi guru agama yang ingin mendalami ilmu agama Islam secara formal untuk mendapatkan gelar Sarjana.
Read More......

Profil STAIN Bukittinggi

Apabila mengamati perjalanan sejarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), maka tidak akan terlepas dari pembicaraan mengenai sejarah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN), karena STAIN lahir dari adanya IAIN Imam Bonjol Padang. Dan bila berbicara tentang sejarah IAIN Imam Bonjol Padang maka tidak akan terlepas dari sejarah IAIN itu sendiri.

IAIN merupakan perwujudan dari gagasan dan hasrat umat Islam yang merupakan mayoritas bangsa Indonesia untuk mencetak kader pemimpin Islam bagi keperluan perjuangan bangsa Indonesia.

Gagasan tersebut sudah tumbuh sejak zaman penjajahan Belanda. Almarhum Dr. Satiman Wirjosandjojo berusaha mendirikan pesantren luhur sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Agama. Akan tetapi usaha itu belum berhasil karena hambatan dari pihak Belanda. Pada tahun 1940 Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) di Padang mendirikan Sekolah Islam Tinggi (SIT), tapi hanya berjalan sampai tahun 1942 karena pendudukan Jepang di Indonesia. Di zaman pendudukan Jepang, usaha mendirikan perguruan tinggi Islam terus dilakukan, hingga akhirnya pemerintah Jepang menjanjikan kepada umat Islam Indonesia untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Tinggi Agama di Jakarta kemudian beberapa tokoh Islam segera mendirikan satu yayasan yang diketuai oleh Muhammad Hatta dan sekretarisnya Muhammad Natsir.
Read More......

Profil STSI Padang Panjang

Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padang Panjang, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Read More......

Profil Universitas Maritim Raja Ali Haji

Universitas Maritim Raja Ali Haji atau Umrah merupakan salah satu Universitas termuda di Negeri ini yang memiliki Nilai Strategis Bagi Wilayah dimana ia bertempat, Provinsi Kepulauan Riau. Tidak cuma bagi Kepulauan Riau sendiri namun juga bagi Indonesia. Karena Kampus ini terletak di garis depan Negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan riau-lingga.

UMRAH sebagai sebuah Academic Enterprise memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dari Rumpun ilmu yang ada di UMRAH sendiri dengan pemahaman terhadap Content Maritim yang terintegrasi dengan Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Humaniora, Teknik, dan Sains. Untuk Mencapai Tujuan tersebut tentu sebuah Universitas memerlukan Manajemen yang baik yang mampu mengakomodir Semua Kapasitas dari Entitas di dalamnya.

Entitas-entitas seperti Pimpinan Universitas, Manajemen Rektorat, Dekan Fakultas, serta Kantor Unit Pelayanan Teknis saling mendukung satu sama lain dalam mengakselerasi pertumbuhan Roda Organisasional UMRAH. Semua itu bermuara pada Tim Manajemen yang mampu berpikir secara Outward Looking karena Faktor Geografis UMRAH yang strategis di Selat Malaka, serta Inward Looking untuk Menumbuhkan Potensi terbaik Universitas dalam Rangka mencapai Visi UMRAH.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Dalam Perkembangannya, UMRAH yang dalam waktu dekat akan menjadi universitas negeri pertama Kepulauan Riau ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan Entrepreneurial di bidang Maritim, yang merupakan potensi utama Kepri dan juga Indonesia ini.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Batam

Politeknik Batam, merupakan satu-satunya Politeknik kota Batam, diresmikan oleh Mendiknas RI berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Bulan Oktober No. 235/D/O/2000 dengan membuka tiga program studi yang memiliki tingkat kebutuhan tertinggi di kawasan industri Batam yaitu:

• Akuntansi
• Teknik Elektro
• TeknikInformatika

Ketiga Program Studi yang dimiliki Politeknik Batam telah mendapatkan akreditasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi (BANPT) pada tahun 2003, dan sertifikasi ISO 9001-2000 untuk Quality Manajemen System pada tahun 2006.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982. Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.

Pada fase kedua tahun 1987 Politeknik memperluas bidang keteknikan dan melahirkan bidang Tata Niaga. Bidang keteknikan yang dikembangkan adalah Jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kimia Industri sedangkan bidang tata Niaga terdiri atas Jurusan/Program studi Akuntansi Kesekretariatan telah dimulai tahun akademik 1986. Kemudian tahun1992 Jurusan Tata Niaga berkembang menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga. Tenaga ahli bidang keteknikan adalah dari Swiss Contact sedangkan Tata Niaga dari Australia.
Read More......

Profil Poltekkes Depkes Palembang

Poltekkes Depkes Palembang didirikan oleh Departemen Kesehatan RI Tahun 2001.
Poltekkes Palembang merupakan gabungan dari Akademi Keperawatan Palembang yang berlokasi di Jl. Merdeka 76-78 Palembang dan Akademi Gizi Palembang yang bertempat di Jl. Sukabangun I /3623 Km. 6,5 Palembang. Penggabungan itu terjadi pada tahun 2001
Read More......

Profil IAIN Raden Intan

Sebelum berdirinya IAIN Raden Intan Bandar Lampung, telah berdiri terlebih dahulu Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) pada tahun 1961 di Teluk Betung Pada tahun 1963, pihak Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung mengadakan musyawarah dengan Para Ulama Lampung dan dengan aparat Pemerintah Daerah, yang intinya adalah sarana dan prasarana pendidikan tinggi agama Islam bagi masyarakat. Dari musyawarah tersebut kemudian dihasilkan suatu kesepakatan untuk mendirikan dua Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah.

Pada saat itu sarana dan prasarana pendidikan masih sangat terbatas. Tempat perkuliahan pernah memakai gedung Fakultas Hukum cabang UNSRI di Teluk Betung dan di Masjid Al-Fur’qon Lungsir Teluk Betung. Setelah itu kemudian para inisiator melakukan upaya-upaya agar status kedua fakultas tersebut berubah dari swasta ke negeri. Upaya tersebut membuahkan hasil sehingga pada tanggal 13 Oktober 1964 terbitlah surat Keputusan Menteri Agama R.I. No. 86 /1964 yang isinya perubahan status Fakultas Tarbiyah Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung ( YKIL) menjadi Instansi Pemerintah (Negeri) yaitu : sebagai cabang Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fattah Palembang di Teluk Betung. Sementara Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung masih membina Fakultas Syari’ah.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Lampung pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001. Pendiri: Departemen Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah. Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus. dan Sejak tahun 2005 Politeknik Pertanian Negeri Lampung berubah nama menjadi Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan perluasan bidang studi yang di selenggarakan saat ini tidak hanya di bidang pertanian. bidang-bidang tersebut antara lain : Agribisnis, Akuntansi, Manajemen Informatika, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, dan Teknologi Pertanian. dan hingga saat ini terdiri dari 11 Program studi.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta, sejarahnya bermula dari fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia.

Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982, sejak 25 Agustus 1988 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negei Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

Ketika didirikan, dibuka 3 jurusan: Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Menyusul tahun 1986 dibuka jurusan Tata Niaga, yang selanjutnya dikembangkan menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga. Pada tahun 1990 dibuka Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, hasil kerjasama antara Politeknik Universitas Indonesia (Politeknik Negeri Jakarta) dengan Pusat Grafika Indonesia. Kemudian beekrjasama dengan PT Trakindo Utama, dibuka Program Studi Alat Berat dibawah Jurusan Teknik Mesin yang dimulai tahun ajaran 2001-2002. Pada tahun 2003 bekerjasama dengan PT Jasa Marga, dibuka Program Diploma IV Jalan Tol.
Dengan demikian sampai saat ini pada program Diploma III memiliki 6 (enam) Jurusan dengan 13 (tiga belas) Program Studi.
Read More......

Profil Politeknik Negeri Padang

Atas rahmat dan hidayah Allah yang Maha Pemurah, Politeknik Universitas Andalas telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan selalu melakukan evaluasi internal (self evaluation) dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai lembaga, merupakan suatu komitmen kelembagaan sehingga setiap perubahan baik disisi internal maupun eksternal disikapi dengan positif. Hal inilah yang membuat Politeknik Universitas Andalas selalu berbenah sehingga lulusan Politeknik Universitas Andalas saat ini sangat diminati.

Banyaknya rekruitmen yang dilakukan terhadap para alumni dan mahasiswa yang mau menamatkan pendidikan oleh berbagai perusahaan baik itu perusahaan nasional maupun perusahaan asing merupakan suatu bukti bahwa lulusan Politeknik Universitas Andalas mampu bersaing diantara lulusan perguruan tinggi yang ada.

Penerapan sistem pendidikan yang lebih ditekankan pada etika dan etos kerja yang ditunjang dengan kemampuan akademik serta dilengkapinya Politeknik Universitas Andalas dengan berbagai peralatan baik itu di laboratorium dan bengkel merupakan suatu hal yang sangat menunjang bagi segenap civitas akademika dalam mengembangkan potensi diri terutama untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Kita berharap semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga akan menjadikan Politeknik Universitas Andalas sebagai tempat lahirnya Cendikia yang terampil, mampu bersaing, ahli dibidangnya dan mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa.....Amin.
Read More......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar